Rabu, 30 Oktober 2013

UPAYA PENCAPAIAN PEMENTASAN YANG DI INGINKAN




UPAYA PENCAPAIAN PEMENTASAN YANG DI INGINKAN
Prosese latihan merupakan langkah untuk mencapai keseuksesan dalam sebuah pertunjukan, pemahaman seperti telah di terapkan bagi setiap orang yang berkecimpung dalam dunia pertunjukan . sebut saja jurusan teater yang menjadi salah satu jurusan dari fakultas seni pertunjukan ISI Padangpanjang , mahasiswa aktif melakukan proses latihan sebelum jadwal pertunjukan di tentukan,  mahasiswa jurusan seni teater yang mengambil mata kuliah praktek telah menjadi tuntutan untuk  melakukan proses latihan. Seperti yang dilakukan oleh salah seorang mahasiswi angkatan 2011 yang menjadi salah satu aktor dari naskah lakon malam jahanam yang di sutradarai oleh Rani dalam mata kuliah penyutradaraan realis, mardiah menyatakan “ proes latihan itu sangat penting bagi saya, karna dengan begitu saya terlatih untuk menghafal naskah hingga saya paham terhadap naskah tersebut, dalam hal itu saya mampu untuk menyatukan keymisteri dengan lawan main saya, saya merasa dalam hal menghafal naskah pada saat latihan memang saat yang efektif untuk mempraktekannya hingga saya bettul – betul hafal terhadap naskah yang sedang saya mainkan, saya merasa jika kami melakukan jadwal dengan rutin sesuai rancangan proses latihan hal tersebut membuat saya terbiasa hingga saya mampu untuk melakukan hal yang maksimal di atas panggung”.
Mencapai kesuksesan dalam sebuah pertunjukan membutuhkan proses latihan yang maksimal, pada siang hari proses latihan tersebut di lakukan oleh mahasiswa di luar jadwal kuliah, mahasiswa lebih banyak memilih jadwal latihan malam hari ketimbang siang hari mengingat jadwal kuliah dipadatkan pada siang hari, namun kampus memberikan kelonggaran terhadap mahasiswa mengenai jadwal kuliah dan latian, dari hari senin sampai denga hari jumat mahasiswa melakukan kuliah aktif namun pada hari saptu dan minggu mahasiswa diliburkan, pada jadwal itu mahasiswa yang mengambil matakuliah praktek dapat mempergunakan jadwal tersebut sebagai kegiatan latihan, seperti yang diakui oleh salah seorang mahsiswa jurusan seni teater “ kelonggran yang diberikan kampus atas perkuliahan aktif memang cukup baik namun pada kegiatan proses latihan yang dilakukan malam hari memiliki efek yang berbeda dikarenakan pada malam hari semangat dan emosional Memang lebih terbangun hal tersebut yang membuat mahasiswa tertarik untuk melakukan proses latihan pada malam hari, namun pihak kampus beberapa waktu yang lalu telah mengeluarkan aturan bahwasanya mahasiswa tidak adi perbolehkan melakukan proses latihan lewat dari jam 24.00 wib,  sampai jadwal tersebut kami mempergunakan waktu semaksimal mungkin dan se efektif mungkin agar capaian dari proses latihan dapat terlaksana dengan hasil yang di harapkan.
Jadwal latihan yang dipilih oleh mahasiswa berdasarkan dengan keinginan dan situasi lingkungan kampus, mahasiswa harus menyesuaikan jadwal besama dan mendapatkan ruangan berdasarkan kebutuhan masing – masing, dengan begitu latihan berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar