Rabu, 04 Desember 2013

kolom opini " PERKEMBANGAN PROSES KEAKTORAN SAAT INI DI JURUSAN TEATER ISI PADANGPANJANG"



PERKEMBANGAN PROSES KEAKTORAN SAAT INI DI JURUSAN TEATER ISI PADANGPANJANG

DISUSUN OLEH : WINO SARI


Jurusan Teater Institut Seni Indonesia Padangpanjang dalam minat perkuliahan terdapat tiga pilihan pengkajian, penyajian  dan penciptaan yang terbagi atas tiga piliham minat penyutradaraan, minat pemeranan dan minat dramaturgi. kali ini saya mencoba untuk menggali sebuah pembahasan mengenai minat pemeranan atau dengan kata lainnya keaktoran. setiap perubahan zaman pasti terjadi pula perubahan - perubahan yang berlaku dalam konteks perubahan zaman begitu juga yang terjadi saat ini di Jurusan Teater Institut Seni Indonesia Padangpanjang khususnya dalam bidang keaktoran. dalam pembahasaan kali ini salah seorang alumni teater mencoba untuk memberikan pendapatnya tentang perkembangan ataupun perubahan tentang kualitas keaktoran di Jurusan Teater Institut Seni Indonesia Padangpanjang baik dari pandangan terhadap perubahan - perubahan yang lama hingga perkembangan saat sekarang.
Anggi Hadi Kusuma salah satu alumni angakatan 2007 yang telah menyelesaikan jenjang stusi strata 1 atau S1 pada tahun 2011. saat ini alumni yang kerap di panggil bg Anggi oleh juniornya sedang menjalani jenjang studi pasca sarjana jurusan teater Institut Seni Indonesia Padangpanjang dengan minat pengkajian. sebelumnnya bg Anggi telah menyelesaikan jenjang studi S1 dengan minat penyajian yaitu pemeran dalam kata lain keaktoran.
Bg Anggi ingin berbagi tentang pengalamnnya dalam bidang keaktoran hingga presepsinya terhadap perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam bidang keaktoran di Institut Seni indonesia Padangpanjang.
menjadi seorang aktor bagi seorang Anggi Hadi Kusuma merupakan pilihan baginya, sehingga  dalam memilih minat pemeranan bg anggi belajar banyak tentang hal keaktoran. tentunya dalam dunia akademik bg Anggi mendapatkan wawasan ilmu pengetahuan dari dosen namun selain itu Bg Anggi juga membaca beberapa buku tentang keaktoran yang dijadikannya sebagai pijakan atau landasan ke depannya selain itu diskusi juga sering dilakukan dari dulu hingga sekarang.
fenomena keaktoran yang terjadi dijurusan Teater baik dari segi perubahan maupun perkembangan bagi pandangan bg Anggi untuk saat ini, bicara masalah perkembangan kualitas keaktoran di jurusan teater bg Anggi melihat ada beberapa perubahan yang terjadi dengan kata lain bg Anggi melihat merosotnya perkembangan kualitas keaktoran saat ini di jurusan Teater, baginya ada beberapa penyebab atau faktor yang menyebabkan terpuruknya kualitas keaktoran di jurusan Teater. bicara tentang aktor tentu tidak lepas dari seorang sutradara bagaimanapun juga seorang aktor bermain di atas panggunng diarahkan oleh seorang sutradara jadi sutradara mempengaruhi pekembangan aktor secara kualitas dibalik pencarian aktor itu sendiri hingga sedikit banyaknya kualitas keaktoran dipengaruhi oleh sutradara. Tentang tepuruknya proses pengembangan kualitas keaktoran di jurusan Teater secara jelsnya tidak semua mahasiswa yang memiliki kualitas di bawah rata – rata namun Bg Anggi percaya bahwa seluruh mahasiswa jurusan Teater memiliki potensi untuk menjadi seorang aktor buktinya walau beberapa namun masih ada mahasiswa yang memang mampu untuk mencapai kualitas keaktoran, namun untuk yang lainnya bukan karena tidak bisa Bg Anggi percaya bahwa semua Mahasiswa mampu dan bisa namun kendalanya terdapat pada proses menuju ke arah demikian. intinya kendala bagi mahasiswa saat ini terletak pada proses pengembangan diri untuk menjadi seorang aktor. Maka bg Anggi di sini bicara bukan menjelaskan tentang buruknya kualitas keaktoran namun lebih pada kendala dalam proses pengembangan keaktoran untuk mewujudkan diri menjadi sang aktor. Untuk itu Bg Anggi mengemukakan beberapa masalah yang di temukan di jurusan teater ISI Padangpanjang dalam pengembangan keaktoran.
Bicara tentang maslah memilih aktor, bagi Bg Anggi seorang sutradra harus paham bagaimana mencari aktor.  terkadang ada bebrapa permasalah bagi seograng sutradara dalam meilih aktor seperti kedekatan secara emosional hal ini mempengaruhi kualitas diri seseorang menggali potensi dalam bidang keaktoran, tidak hanya itu faktor lain yang mempengaruhi seorang sutradara memilih aktor yang telah jadi maksudnya bg anggi melihat banyaknya sutradara yang memilih aktor yang telah memainkan sebuah karakter yang memenuhi kualitas memeranan hingga  sang aktor hanya memainkan sebuah karakter yang sama dengan yang sebelumnya ini menghambat perkembangan aktor untuk mencari perubahan dalam memainkan karakter lainnya namun Bg Anggi melihat ada sisi positifnya sebab aktor tersebut akan makin mamantapkan kualitasnya dalam satu karakter tersebut.
Masih terkait dengan perihal sutradara dalam memilih aktor beberapa sutaradara ada yang memburu satu aktor karena melihat kualitas aktor yang telah jadi . lepas dari perihal sutradara Bg Anggi meilihat fenomena keaktoran yang tejadi saat ini bahwsanya bicara konteks kekinian faktor utama yang mebuat kualitas aktor berkurang yaitu karena tidak ada persiapan mental seorang aktor dan lagi menjadi aktor hanya sebatas tuntutan mata kuliah. Sebenarnya masih banyak hal lain yang membuat terpuruknya mental seorang aktor saat ini beberapa di sebebkan karena  aktor tidak paham dengan kata aktor itu sendiri, apresiasi yang kurang terhadap pertunjukan teater saat ini, tidak adanya pencarian yang di lakukan di luar latihan, tidak adanya latihan dasar seperti olah tubuh yang mengarah pada pilihan / jenis akting yang di pilih, dan masih banyak lagi hal yang bisa mempengaruhi proses menacapai kualitas keaktoran.
Dalam proses latihan maka disanalah proses aktor untuk mewujudkan karakter yang tercipta dari olah berfikir, Bg Anggi melihat ada proses untuk pencapaian seorang aktor dalam melakukan perwujudan tersebut. Hal penting menjadi seorang aktor harus memiliki landasan yaitu pengolahan dasar. Selama ini Bg Anggi menjadikan buku sebagai landasan atau pijakan untuk berjalan ke depannya. memakai teknik yang di kemukakan oleh Stanivsalvsy sebelum menjadi seorang aktor maka dari itu bg anggi memeiliki sebuah landasan sebagai pijakan untuk berlatih yaitu sebuah buku yang membahas tahap – tahap atau persiapan menjadi seorang aktor. Dan masih banyak lagi buku lainnya yang di pahami Bg Anggi Terkait masalah keaktoran.
Bagi Bg Anggi memahami buku sangat membantu dalam tahap bekerja, bagi mahasiswa baru jurusan teater ingin bermaian menciptakan sebuah karakter bararti ia harus paham dengan dasar, metode dan teknik, semua bisa mmereka dapatkan dari memabaca dan memahami sebuah buku khususnya buku keaktoran.
Memacu sebuah kreatifitas bisa di lakukan dengan cara apapun bagi seorang Anggi Hadi Kusuma tidak ada kata mundur sebelum mencoba, begitu juga dalam berkreatifitas. Bersaing adalah salah satu cara yang bica membangkitkan dan memacu mahasiswa dalam berkreatifitas. Saat ini kurangnya persaingan mmepengaruhi kualitas dan aesistensi mahasiswa khususnya dalam bidang keaktoran. Sebenarnya dalam menciptakan sebuah persaingan dalam arti kata persaingan yang positif, harus adanya sebuah pancingan dan itulah yang di harapkan bagi Anggi Hadi Kusuma saat ini di jurusan Teater ISI Padangpanjang.  seperti halnya Bg anggi mencoba untuk flasback pada tahun 2009 pernah di adakannya sebuah ajang penghargaan jadi bagi mahasiswa yang di anggap memiliki kualitas pada sebuah bidang yang di gelutinya maka ia akan di beri penghargaan melalaui ajang perghargaan tersebut melaui ajang itu juga Bg Anggi pernah mendapatkan penghargaan sebagi aktor terbaik tahun 2009. Inilah satu dari sekian cara untuk memancing semangat mahasiswa untuk memepertajam kualitas atau potensi masing – masing mahasiswa. Bisa dalam bidang penyutradaraan, keaktoran dan bisa saja penulisan.
Bicara masalah mempertajam potensi atau keinginan pribadi dalam mendalami sebuah pembagian dalam bidang teater mahasiswa jurusan seni teater ISI Padangpanjang di beri kebebbasan pada semester 5 dalam memilih jalur atau bidang yang ingin di geluti, sebenarnya pilihan di berikan agar mahasiswa dapat memilih dan bisa mentelaah sebuah bidang dalam teater yang ia punya potensi di sana. Bagi Anggi Hadi Kusuma memilih minat beberati memilih jalan untuk menempuh satu titik yang sebelumnya telah ia temukan celahnya. Susah sekali rasanya untuk berjalan pada satu titik yang sama sekali tidak di ketahui. Bg anggi mengakaitkan hal tersebut dengan mahasiswa yang memilih jalur atau minat. Mereka harus paham dengan keinginan dan capaianan yang sekiranya mereka mampu untuk mempertajam minat tersebut.
Kembali lagi dalam persalan memilih minat, seperti tema yang di bahas Bg Anggi menganalisis masAlah mahasiswa yang mengambil minat keaktoran jika susah sekali seorang yang memilih minat dengan ajang coba – coba untuk bisa berjalan dengan lancar karena pilihan sangat mempengaruhi hasil ke depannya.
Bagi mahsiswa yang mengambil benar – benar berkeinginan mengambil mata kuliah pemeranan berarti ia memang ingin mendalami bidang keaktoran. Tidak berhenti sampai di sana. Bg Anggi dengan pengalamnanya dalam memilih jalur pemeranan sebelumnya bahwa ia merasakan di sanalah titik tempur yang sebenarnya. Keseriusan berlatih memahami dang menganalisi buku atau upaya – upaya lainnya di sinilah bg anggi lebih giat dalam hal tersebut. Sebelum menggali lebih dalam tentang kualitas mahasiswa yang memilih jalur pemeranan bg anggi berkeinginan untuk bagi senior atau mahasiswa yang telah mengambil minat, salurkan dan rangkul junior agar mereka bisa menambah wawasan di luar perkuliahan aktif untuk bekal mereka menjadi penggiat teater khusunya dalam keaktoran. sebenarnya bg anggi hany ingin memamparkan pendapatnya tentang kondisi saat sekarang khsusnya di jurusan teater dalam bidang keaktoran. namun faktor ataupun upaya yang di paparkan sebenarnya sudah banyak di kemukakan oleh para ahli khususnya teaterawan.
Pemabahas di atas di kemukankan oleh Bg Anggi atas pengalam, wawasan dan pengetahuan yang pernah ia dapat ataupun yang pernah ia alami. Bg Anggi terbilang mahasiswa yang sukses dalam mengeluti bidang keaktorang buktinya selama mengikuiti jenjang studi S1 Bg Anggi telah memainkan beberapa karya pada setiap semester juga bermain teater di luar daerah dan luar ibu kota. Bg Anggi juga pernah meraih penghargaan pada tahun 2009 sebagai aktor terbaik. Saat ini Bg anggi masih di sibukkan dalam bermain teater membantu karya dosen dan beberapa ujian mahasiswa teater. Dan untuk program dalam jangka dekat bg Anggi akan pentas di lampung dengan keberangkatan tanggal 9 hingga 15 november dalam rangka Kala Sumatra “ panggung Perempuan”
Bang Anggi berharap jurusan teater lebih jeli melihat situasi yang terjadi pada mahasiswa yang bisa mempengaruhi baik postif maupun negatif dalam setiap bidang yang tersedia di jurusan teater ISI Padangpanjang ini.


CURICULUM VITAE
NAMA : Anggi Hadi Kesuma
TTL : Sumanik/ 4 Desember 1987
JENIS KELAMIN : Laki-laki
ALAMAT : Nagari Sungai Patai, Kecamatan Sungayang
Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat
AGAMA : Islam
STATUS : Belum Menikah
KEWARGANEGARAAN : Warga Negara Indonesia

PENDIDIKAN :
• S-1 Teater Institut Seni Indonesia Padangpanjang
• SMAN 1 Sungai Tarab, Batusangkar
• SMPN 1 Batusangkar
• SD 01 Yayasan Tidar Kerinci Agung
• TK Pertiwi II Air Tawar, Padang

NO HANDPHONE : 082388305550
E-MAIL : Gmail hkusumaa@gmail.com
PENGALAMAN BERKESENIAN:
a. Menjadi Aktor
1. Aktor dalam pementasan Lakon “Citra” Sutradara Meirezania (2007)
2. Aktor dalam pementasan Lakon “Abu” Sutradara Meirezania (2007)
3. Aktor dalam pementasan Lakon “Lawan Catur” Sutradara Afrizal Harun (2007)
4. Aktor dalam pementasan Lakon “Wek-Wek” Sutradara Nini Rakhmayuni (2007)
5. Aktor dalam pementasan Lakon “Senja Telah Temaram” Sutradara Nini Rakhmayuni (2008)
6. Aktor dalam pementasan Lakon “Ritus Batu Belah” Sutradara Saaduddin
7. Aktor dalam pementasan Lakon “Bunga Rumah Makan” Sutradara Meria Eliza (2008)
8. Aktor dalam pementasan Lakon “Mashita dan Fir’aun” Sutradara Maryawati(2008)
9. Aktor dalam pementasan Lakon “Kura Kura dan Bekicot” Sutradara Ilham Lahardi (2008)
10. Aktor dalam pementasan Lakon “Kemerdekaan” Sutradara Susandro (2008)
11. Aktor dalam pementasan Lakon “Perkawinan Perak” Sutradara Susandro (2009)
12. Aktor dalam pementasan Lakon “Sebelum Bebas” Sutradara Indah Lestari (2009)
13. Aktor dalam pementasan Lakon “Norma” Sutradara Dewi Sartika pada Festival Teater Realisme, mendapatkan Juara I dan meraih Aktor Terbaik(2009)
14. Aktor dalam pementasan Lakon “Melintas Kandung” Sutradara Nolly Media Putra pada Acara Pekan Apresiasi Teater 4 (PAT IV) yang di hadiri dan disaksikan Seniman Teater se-Indonesia (2009)
15. Aktor dalam pementasan Lakon “Malin Kundang” Sutradara Nolly Media Putra (2009)
16. Aktor dalam pementasan Teater-Tari pada Festival Kesenian Indonesia 5 (FKI V) di Jakarta (2009)
17. Aktor dalam pementasan Lakon “Ibunda” Sutradara Tya Setyawaty (2010)
18. Aktor dalam pementasan Lakon “Orang Asing” Sutradara Fani Dila Sari (2010)
19. Aktor dalam pementasan Lakon “Lawan Catur” Sutradara Elsa Nofri Asminda (2011)
20. Aktor dalam pementasan Lakon “Sumur Tanpa Dasar” Sutradara Edi Suisno (2011)
21. Aktor dalam pementasan Lakon “Sang Mandor” sutradara Ayuning Saputri (2011)
22. Aktor dalam pementasan Lakon “Pakaian Dan Kepalsuan” Sutradara Fitri Rahmah (2011)
23. Aktor dalam produksi Film “Saka Jentayu”, Malaysia (2011)
24. Aktor dalam pementasan Lakon “Orang Orang Bawah Tanah” Sutradara Yusril Katil (2011 dan 2012)
25. Aktor dalam pementasan Lakon “The Mighty Hunter” Sutradara Elsa Nofri Asminda (2012)
26. Aktor dalam pementasan Lakon “Hanya Satu Kali” Sutradara Winda Sesmita (2012)
27. Aktor dalam pementasan Lakon “Malam Terakhir” Sutradara Afrizal Harun (2012)
28. Aktor dalam pementasan Lakon “Lautan Bernyanyi” Sutradara Edi Suisno (2012)
29. Aktor dalam pementasan Lakon “Les Justes” Sutradara Elsa Nofri Asminda (2012)
30. Aktor dalam produksi Film “Tabanglah Juo”, berangkat dari kisah Minangkabau dan di Produksi TV Malaysia (2012)
31. Aktor dalam pementasan Lakon “Orkes Madun III atawa Sandek” Sutradara Tya Setyawati (2012)
32. Aktor dalam pementasan Lakon “Koran” Sutradara Reza Astika (2012)
33. Aktor dalam pementasan Lakon “Nyanyian Angsa” Sutradara Anggi Hadi Kesuma (2012)
34. Aktor dalam pementasan Drama Musikal “Maling Kondang” yang dipentaskan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta (2013)
35. Aktor dalam pementasan Lakon “Siti Baheram” Sutradara Efyuhardi pada Pekan Apresiasi Teater 5 (PAT V) di Institut Seni Indonesia Padangpanjang (2013)
36. Aktor dalam produksi Film “Selamat Datang Masa Depan” (2013)
37. Aktor dalam pementasan Lakon “Miss Julie” Sutradara Yalesvita (2013) dalam proses
38. Aktor dalam pementasan Lakon “Suara Suara Mati” Sutradara Megi Hardani (2014) dalam proses
39. Aktor dalam pementasan Lakon “Terdampar”, Sutradara Efyuhardi (2014) dalam proses
40. Aktor dalam pementasan Lakon “Be An Antigone” Sutradara Reza Astika (2014) dalam proses

b. Menjadi Sutradara
1. Sutradara dalam produksi lakon “Senja Telah Temaran” Karya M.Nizar dan Masbuchin (2010)
2. Sutradara dalam produksi lakon “Di Tunggu Dogot” Karya Sapardi Djoko Damono (2011)
3. Sutradara dalam produksi Film Kampus “Arisan-Arisan” (2011)
4. Sutradara dalam produksi Film Kampus “Agrement” (2012)
5. Sutradara dalam produksi Lakon “Nyanyian Angsa” karya Anton P Chekov (2013)
6. Sutradara dalam produksi lakon “Dongeng Mande” oleh SMA 3 Bukittinggi dalam acara FLS2N tingkat kota dan meraih juara I (2013)
7. Sutradara dalam produksi lakon “Dongeng Mande” oleh SMA 3 Bukittinggi dalam acara FLS2N tingkat Provinsi dan meraih juara II (2013)

c. Menjadi Panitia Dalam Kegiatan Seni
1. LO pada Acara Pekan Apresiasi Teater 4 (PAT IV) di Institut Seni Indonesia Padangpanjang (2008)
2. Ketua Pelaksana Festival Teater Realisme yang diselenggarakan di Institut Seni Indonesia Padangpanjang (2010)
3. Ketua Pelaksana Lomba Baca Puisi Tingkat SMA seSumatera Barat yang diselenggarakn di Kota Padangpanjang (2010)

d. Menjadi Tim Produksi Seni
1. “Art Director” dalam produksi teater “Titik Titik Hitam” sutradara Yuanita Hanafi (2008)
2. Stagemanager dalam produksi teater “Pagi Bening” Sutradara Yurina Gusanti (2012)
3. Pimpinan Produksi dalam produksi teater “RT 0 RW 0” sutradara Fitri Noveri (2012)
4. Art Director pada produksi teater “Penggali Intan” sutradara Fauziah Laili (2012)
5. Pimpinan Produksi dalam produksi teater “Mega Mega” sutradara Fitri Noveri (2012)
6. Asisstant Sutradara Dalam Produksi Film “Pangku Bulan” (2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar